Sabtu, 28 Juni 2014

Guru sebagai tulang punggung pendidikan karakter


Sosok penting guru dalam pendidikan karakter tentu saja disebabkan oleh keberadaannyasebagai jantung pendidikan .
Guru adalah orang yang bertanggung jawab dalam proses belajar mengajar,memiliki ruang untuk di kondisikan dan diarahkan sehinggamampu menjadi penentu arah perkembangan karakter/kepribadian peserta didik.
Factor-faktor penyebab guru di jadikan sebagai tulang punggung pendidikan karakter
1.      Peranan seorang guru
a.       Guru berperan dalam mendidik dan mengembangkan kepribadian siswa melalui interaksi yang intensif  baik selama di ruangan kelas maupun di luar kelas bukan hanya semata memberikan pengetahuan di ruang kelas hanya untuk mengejar target kurikulum.
b.      Guru sebagai orang yang paling tahu entang kondisi dan perkembangan anak didiknya di sekolah.

2.      Pendidikan karakter diintegrasikan ke dalam kegiatan belajar mengajar.
Pendidikan karakter bukan hanya tanggung jawab guru tertentu saja ( guru BK, pkn ataupun agama) tetapi semua guru mata pelajaran. Oleh karena itu semua guru harus mampu membuat dan mengembangkan karekter apayang akan ditanamkandisesuaikan dengan jenis kegiatan dan materi yang diajarkan.
3.      Pendidikan karakter diintegrasikan dalam kegiatan ekstrakurikuler.
Dalam upaya menanampung dan menyalurkan minat serta bakat sekolah harus mengembangkan ekstrakurikuler sesuai kebutuhan siswa.Setiap pelaksanaan ekstra di bawah bimbingan seorang guru Pembimbing. Tugas seorang pembimbing bukanlah mudah karena banyak meluangkan waktunya dan tenaga serta pikiran yang luarbiasa karena pelaksanaan ekstra dilaksanakan di luar jam pelajaran.
4.      Pendidikan karakter diintegrasikan ke dalam budaya sekolah
Untuk meningkatkan Rasa saling menghormati sesama ,guru dapat memberikan contoh yang baik agar siswa dapat membudayakan hal tersebut contohnya dengan membudayakan mengucapkan salam ketika saat bertemu/berpapasan,kepeduliaan terhadap lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan dan kerapian sekolah dan itu dapat dibudayakan dalam lingkungan sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar