Selasa, 24 Juni 2014

Layanan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar


A.       . Langkah-Langkah Mengenali atau Menemukan Anak Berkebutuhan Khusus
1.      Identifikasi
Identifikasi adalah usaha untuk mengenali atau menemukan anak berkebutuhan khusus sesuai dengan ciri-ciri yang ada. Identifikasi yang dilakukan untuk menemukenali keberadaan anak berkebutuhan khusus di SD berorientasi pada ciri-ciri atau karakteristik yang ada pada seorang anak yang mencakup hal-hal sebagai berikut:

a.         Kondisi Fisik
Mencakup keberadaan kondisi fisik secara keseluruhan (anggota tubuh) dan kondisi indera seorang anak, baik secara organik maupun fungsional, apakah kondisi yang ada mempengaruhi fungsinya atau tidak.
b.         Kemampuan Intelektual
Mencakup kemampuan anak dalam menyelesaikan tugas-tugas akademik di sekolah.
c.         Kemampuan Komunikasi
Mencakup kesanggupan seorang anak dalam memahami dan mengekspresikan gagasannya dalam berinteraksi terhadap lingkungan sekitar, baik secara lisan maupun tulisan.
d.        Sosial emosional
Mencakup aktivitas sosial yang dilakukan seorang anak dalam kegiatan interaksinya dengan teman-teman maupun dengan gurunya serta perilaku yang ditampilkan dalam pergaulan kesehariannya.




Ada beberapa teknik identifikasi secara umum, yang memungkinkan guru-guru untuk melakukannya sendiri di sekolah. Teknik-teknik tersebut adalah sebagai berikut:
a.              Observasi
Observasi adalah suatu cara pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan langsung terhadap suatu obyek dalam suatu periode tertentu dan mengadakan pencatatan secara sistematis tentang hal-hal tertentu yang diamati termasuk anak berkebutuhan khusus.
b.             Wawancara
Wawancara adalah suatu cara pengumpulan data dengan jalan mengajukan pertanyaan secara lisan kepada sumber data, dan sumber data memberikan jawaban secara lisan. Guru dapat melakukan wawancara terhadap siswa, keluarga, orangtua, teman seperrmainan, atau pihak lain yang dimungkinkan untuk dapat memberikan informasi tambahan mengenai keberadaan siswa tersebut.
c.               Tes
Tes merupakan suatu cara untuk melakukan penilaian yang berupa suatu tugas yang harus dikerjakan oleh anak, yang akan menghasilkan suatu nilai tentang kemampuan atau perilaku anak yang bersangkutan. Untuk mengidentifikasi anak berkebutuhan khusus tes dapat dilakukan dalam bentuk perbuatan maupun tulisan. Dalam hal ini tes berupa buatan guru sendiri.
d.             Tes Psikologi
Tes psikologi yaitu tes yang sangat popular dan sering digunakan dalam upaya identifikasi anak berkebutuhan khusus, karena memiliki akurasi yang lebih baik dari tes buatan guru, waktu pelaksanaan tes lebih singkat, dan dapat memprediksi apa-apa yang akan terjadi dalam belajar anak di tahap berikutnya. Untuk melihat tingkat kecerdasan seorang anak, tes psikologi merupakan salah satu instrumen yang lebih objektif dan validitasnya telah teruji. Tes psikologi tidak hanya terbatas pada tes kecerdasan saja, tetapi juga digunakan untuk mengetahui kepribadian, perilaku, dan bakat khusus seseorang. 


2.         Assesmen
Asesmen adalah penilaian terhadap suatu keadaan, penilaian terhadap kondisi atau keadaan anak berkebutuhan khusus. Asesmen merupakan kelanjutan dari identifikasi. Hasil yang diperoleh dari asesmen pendidikan akan bermanfaat bagi guru sebagai panduan dalam dua hal pokok, yaitu perencanaan program dan implementasi program pembelajaran. Informasi yang dikumpulkan dalam asesmen hendaknya relevan dan komperhensif karena akan digunakan merencanakan tujuan dan penentuan sasaran pembelajaran serta strategi pembelajaran yang tepat. Assesmen bertujuan untuk:
a.       Menyeleksi anak-anak yang termasuk anak berkebutuhan khusus.
b.      Menempatkan siswa sesuai dengan kemampuannya.
c.       Merencanakan program dan strategi pembelajaran.
d.      Mengevaluasi dan memantau perkembangan belajar siswa.
Langkah-langkah dalam assesmen sebagai berikut:
a.         Menentukan cakupan dan tahapan keterampilan yang diajarkan.
b.         Menetapkan perilaku yang diases.
c.         Memilih aktivitas evaluasi (evaluasi khusus atau umum).
d.        Pengorganisasian alat evaluasi.
e.         Pencatatan kinerja siswa.
f.          Penentuan tujuan pembelajaran khusus untuk jangka panjang dan jangka pendek.
Teknik pelaksanan assesmen
a.         Observasi
Mencakup pengamatan yang dilakukan secara seksama terhadap aktivitas belajar siswa, seperti cara belajar, kinerja, perilaku, atau kompetensi yang dicapai.
b.         Tes Formal
Merupakan suatu bentuk tes yang telah distandarkan, yang memiliki acuan norma atau patokan dengan tolak ukur yang telah ditetapkan. Dalam konteks asesmen pendidikan anak berkebutuhan khusus sesungguhnya kurang cocok dilakukan karena tujuannya yang sangat spesifik mencakup persoalan-persoalan pendidikan yang unik yang dihadapi siswa berkebutuhan khusus secara individual.
c.         Tes Informal
Merupakan tes yang digunakan untuk memperoleh informasi tentang berbagai hal yang berkenaan dengan kompetensi dan kemajuan belajar anak berkebutuhan khusus yang disusun oleh guru. Tes ini digunakan secara intensif untuk mengetahui kompetensi-kompetensi khusus pada anak.
d.        Wawancara
Merupakan usaha memperoleh informasi tentang anak anak berkebutuhan khusus dengan sasaran utama orangtua, keluarga, guru di sekolah, ataupun teman sepermainan.
B.     Cara Menangani atau Memberikan Layanan bagi Anak Berkebutuhan Khusus Sesuai Kebutuhannya
1.      Pendekatan Layanan bagi ABK
Secara umum, ada dua pendekatan yang sering dilakukan dalam memberikan layanan pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus, yaitu pendekatan kelompok/klasikal, dan pendekatan individual.
Pendekatan kelompok, memiliki kelebihan dalam hal pelaksanaan dari segi waktu, tenaga, dan biaya. Sedangkan kelemahananya berkenanaan dengan efektifitas pembelajaran, yang sudah kurang efektif untuk anak – anak berkebutuhan khusus dalam pencapaian tujuan kompetensinya.
Pendekatan individual, pencapaian kompetensi yang diharapkan akan lebih baik dan lebih efektif, sesuai dengan kondisi dan kemampuan masing-masing anak. Selain itu, guru juga akan mudah memantau perkembangan dan kemajuan yang telah dicapai, serta memberikan bantuan yang dibutuhkan.
Selain pendekatan individu dan pendekatan kelompok, bagi anak berkebutuhan ada pendekatan lain yang berorientasi ke pencapaian hasil belajar anak, yaitu pendekatan remidial dan pendekatan akseleratif.
Pendekatan remidial bertujuan untuk membantu anak berkebutuhan khusus dalam upaya mencapai kompetensi yang ditentukan dengan lebih menekankan pada hambatan atau kekurangan yang ada pada anak berkebutuhan khusus. Sedangkan pendekatan akseleratif bertujuan untuk mendorong anak berkebutuhan khusus, utamanya anak berbakat untuk lebih lanjut menguasai kompetensi yang ditetapkan berdasar assesmen kemampuan anak.
2.      Layanan bagi Anak Berkelainan Fisik
Anak-anak berkebutuhan khusus yang mengalami kelainan fisik, meliputi : anak tunanetra, anak tunarungu, dan anak tunadaksa membutuhkan layanan pendidikan dengan pendekatan dan strategi khusus, yang secara umum dapat dikemukakan sebagai berikut:
a.       Anak Tunanetra
Strategi khusus dan isi layanan pendidikan bagi anak tunanetra menurut Hardman, M.L. dkk (1990) paling tidak meliputi 3 hal, yaitu:
 (a) mobility training and daily living skill, yaitu latihan untuk berjalan dan orientasi tempat dan ruang dengan berbagai sarana yang diperlukan serta latihan keterampilan kehidupan keseharian yang berkaitan dengan pemahaman uang, belanja, mencuci, memasak, kebersihan diri, dan membersihkan ruangan;
(b) tradisional curriculum content area, yaitu orientasi dan mobilitas, keterampilan berbahasa termasuk ekspresinya, keterampilan berhitung;
(c) communication media, yaitu penguasaan braille dalam komunikasi.
Annastasia Widjajanti dan Imanuel Hitipeuw, (1995) menyatakan bahwa layanan khusus bagi anak tunanetra meliputi:
(a)    Penguasaan braille
Penguasaan braille yang dimaksud adalah kemampuan untuk menulis dan membaca braille.
(b)   Latihan orientasi dan mobilitas
Latihan orientasi dan mobilitas adalah jalan dengan pendamping awas, latihan jalan mandiri, latihan jalan dengan menggunakan alat bantu jalan (tongkat dan sign guide).
(c)    Penggunaan alat bantu dalam pembelajaran berhitung
Meliputi cubaritma, papan taylor frame, abacus (sempoa) dalam operasi penambahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan beberapa komsep matematikan braille.
b.         Anak Tunarungu
Layanan pendidikan yang spesifik bagi anak tuna rungu adalah terletak pada pengembangan persepsi bunyi dan komunikasi. Hallahan dan Kauffman, (1988) menyatakan bahwa ada tiga pendekatan umum dalam mengajarkan komunikasi anak tunarungu, yaitu:
(a)    Auditory training
(b)   Speechreading
(c)    Sing language and fingerspelling
    Ada beberapa cara dalam mengembangkan kemampuan komunikasi anak tunarungu, yaitu:
1.             Metode oral, yaitu cara melatih anak tunarungu dapat berkomunikasi secara lisan (verbal) dengan lingkungan orang mendengar.
2.             Membaca ujaran.
    Membaca ujaran yaitu suatu kegiatan yang mencakup pengamatan visual dari bentuk dan gerak bibir lawan bicara sewaktu dalam proses bicara. Membaca ujaran mencakup pengertian atau pemberian makna pada apa yang diucapkan lawan bicara di mana ekspresi muka dan pengetahuan bahasa turut berperan. Ada beberapa kelemahan dalam menerapkan membaca ujaran, yaitu
(1) tidak semua bunyi bahasa dapat terlihat pada bibir,
 (2) ada persamaan antara berbagai bentuk bunyi bahasa, misalnya bahasa bilabial (p,b,m), dental (t,d,n) akan terlihat mempunyai bentuk yang sama pada bibir,
(3) lawan bicara harus berhadapan dan tidak terlalu jauh,
 (4) pengucapan harus pelan dan lugas.
3.         Metode manual.
Metode manual yaitu cara mengajar atau melatih anak tunarungu berkomunikasi dengan isyarat atau ejaan jari. Bahasa isyarat mempunyai beberapa komponen, yaitu
(1) ungkapan badaniah;
(2) bahasa isyarat lokal; dan
(3) bahasa isyarat formal.
4.         Ejaan jari.
Ejaan jari adalah penunjang bahasa isyarat dengan menggunakan ejaan jari. Ejaan jari secara garis besar dapat dikelompokan dalam tiga jenis, yaitu (1) ejaan jari dengan satu tangan (onehanded), (2) ejaaan jari dengan kedua tangan (twohanded), dan (3) ejaan jari campuran dengan menggunakan satu tangan atau dua tangan.
5.         Komunikasi total.
Komunikasi total merupakan upaya perbaikan dalam mengajarkan komunikasi bagi anak tunarungu. Komunikasi total merupakan cara berkomunikasi dengan menggunakan salah satu modus atau semua cara komunikasi yaitu penggunaan sistem isyarat, ejaan jari, bicara, baca ujaran, amplifikasi, gesti, pantomimik, menggambar dan menulis serta pemanfaatan sisa pendengaran sesuai kebutuhan dan kemampuan seseorang.
c.       Anak Tunadaksa
Layanan pendidikan yang spesifik bagi anak tunadaksa adalah pada bina gerak. Untuk memberikan layanan bina gerak yang tepat diperlukan dukungan terapi, khususnya fisioterapi untuk memulihkan kondisi otot dan tulang anak agar tidak semakin menurun kemampuannnya. Selain itu dukungan untuk bina diri diperlukan terapi okupasi dan bermain. Menurut Frieda Mangunsong, dkk (1998) layanan pendidikan bagi anak tunadaksa perlu memperhatikan tiga hal, yaitu :
(a)    Pendekatan multidisipliner dalam program rehabilitasi anak tunadaksa.
(b)   Program pendidikan sekolah.
(c)    Layanan bimbingan dan konseling
    Dalam program rehabilitasi dikenal empat stadium, yaitu pertama, stadium akut antara 0 – 6 minggu sejak menderita. Pada stadium ini merupakan stadium “survival”, berjuang untuk bertahan hidup. Kedua, stadium sub acut: 6 – 12 minggu, merupakan stadium perawatan rutin, pemberian fisioterapi dan terapi okupasi agar perkembangan otot dapat pulih dan tumbuh walaupun minimal. Ketiga, stadium mandiri; pada stadium ini anak lebih diarahkan untuk memperoleh keterampilan kerja untuk kehidupan mendatang. Keempat, stadium “after care”; pada stadium ini anak dipersipkan kembali ke rumah atau ke sekolah untuk mengikuti program pendidikan selanjutnya.
    Sunarya Kartadinata, (1998/1999) menyatakan bahwa anak tunadaksa perlu mengembangkan self-respect, yaitu menghargai diri sendiri dengan cara menerima diri sesuai dengan apa adanya, sehingga anak merasa bahwa dirinya adalah sebagai seorang pribadi yang berharga.
3.      Layanan bagi Anak Berkelainan Mental Emosional
Layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus yang mengalami kelainan mental-emosional meliputi anak tunagrahita dan anak tunalaras.
a.       Anak Tunagrahita
Pendekatan layanan pendidikan bagi anak tunagrahita lebih diarahkan pada pendekatan indivudual dan pendekatan remidiatif. Pendekatan individual didasarkan pada asesment kemampuan anak untuk mengembangkan sisa potensi yang ada dalam dirinya. Tujuan utama layanan pendidikan bagi anak tunagrahita adalah penguasaan kemampuan aktivitas kehidupan sehari-hari dalam mengelola diri sendiri. Untuk mencapai itu perlu pembelajaran mengurus diri sendiri dan pengembangan keterampilan vocational terbatas sesuai dengan kemampuannnya.
Layanan pendidikan khusus bagi anak tunagrahita meliputi latihan sensomotorik, terapi bermain dan okupasi, dan latihan mengurus diri sendiri. Pendekatan pembelajaran dilakukan secara individual dan remidiatif. Perkembangan kemampuan anak berdasarkan tingkat kemampuan kognitifnya. Anak yang ber IQ 55 – 70 berbeda dengan yang ber IQ 35 – 55. dalam sebaran IQ tersebut juga berbeda dalam layanan masing-masing.
Pelayanan pendidikan bagi anak tunagrahita/retadasi mental dapat diberikan pada:
(a)    Kelas Transisi
Kelas transisi merupakan kelas persiapan dan pengenalan pengajaran dengan acuan kurikulum SD dengan modifikasi sesuai kebutuhan anak.
(b)   Sekolah Khusus (Sekolah Luar Biasa bagian C dan C1/SLB-C, C1).
Layanan pendidikan untuk anak tunagrahita model ini diberikan pada Sekolah Luar Biasa. Dalam satu kelas maksimal 10 anak dengan pembimbing/pengajar guru khusus dan teman sekelas yang dianggap sama keampuannya (tunagrahita). Untuk anak tunagrahita ringan dapat bersekolah di SLB-C, sedangkan anak tunagrahita sedang dapat bersekolah di SLB-C1.
Pendidikan terpadu Layanan pendidikan pada model ini diselenggarakan di sekolah reguler. Anak tunagrahita belajar bersama-sama dengan anak reguler di kelas yang sama dengan bimbingan guru reguler. Untuk matapelajaran tertentu, jika anak mempunyai kesulitan, anak tunagrahita akan mendapat bimbingan/remedial dari Guru Pembimbing Khusus (GPK) dari SLB terdekat, pada ruang khusus atau ruang sumber. Biasanya anak yang belajar di sekolah terpadu adalah anak yang tergolong tunagrahita ringan, yang termasuk kedalam kategori borderline yang biasanya mempunyai kesulitan-kesulitan dalam belajar (Learning Difficulties) atau disebut dengan lamban belajar (Slow Learner).
(c)    Program sekolah di rumah
Progam ini diperuntukkan bagi anak tunagrahita yang tidak mampu mengkuti pendidikan di sekolah khusus karena keterbatasannya, misalnya: sakit. Proram dilaksanakan di rumah dengan cara mendatangkan guru PLB (GPK) atau terapis. Hal ini dilaksanakan atas kerjasama antara orangtua, sekolah, dan masyarakat.
(d)   Pendidikan inklusif
Sejalan dengan perkembangan layaan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus, terdapat kecenderungan baru yaitu model Pendidikan Inklusif. Model ini menekankan pada keterpaduan penuh, menghilangkan labelisasi anak dengan prinsip “Education for All”. Layanan pendidikan inklusif diselenggarakan pada sekolah reguler. Anak tunagrahita belajar bersama-sama dengan anak reguler, pada kelas dan guru/pembimbing yang sama. Pada kelas inklusi, siswa dibimbing oleh 2 (dua) orang guru, satu guru reguler dan satu lagu guru khusus. Guna guru khusus untuk memberikan bantuan kepada siswa tunagrahita jika anak tersenut mempunyai kesulitan di dalam kelas. Semua anak diberlakukan dan mempunyai hak serta kewajiban yang sama. Tapi saat ini pelayanan pendidikan inklusif masih dalam tahap rintisan.
(e)    Panti (Griya) Rehabilitasi
Panti ini diperuntukkan bagi anak tunagrahita pada tingkat berat, yang mempunyai kemampuan pada tingkat sangat rendah, dan pada umumnya memiliki kelainan ganda seperti penglihatan, pendengaran, atau motorik. Program di panti lebih terfokus pada perawatan. Pengembangan dalam panti ini terbatas dalam hal :
1)      Pengenalan diri
2)      Sensorimotor dan persepsi
3)      Motorik kasar dan ambulasi (pindah dari satu temapt ke tempat lain)
4)      Kemampuan berbahasa dan dan komunikasi
5)      Bina diri dan kemampuan social

b.      Anak Tunalaras
Khusus untuk kelainan perilakunya, pendekatan pendidikan bagi anak tunalaras menggunakan pendekatan bimbingan dan konseling serta terapi. Pendekatan terapi yang sering digunakan untuk layanan pendidikan anak tunalaras menurut Hardman, M.L. dkk (1990) adalah:
1)      Insight-oriented thterapies
2)      Play therapy
3)      Group therapy
4)      Behavior therapy
5)      Marital and Family therapy
6)      Drug therapy
 Penggunaan pendekatan terapi sangat bergantung pada jenis dan tingkat problem perilaku yang dimiliki oleh anak tunalaras. Selain pendekatan terapi, dalam pembelajaran khusus untuk anak tunalaras adalah bina pribadi-sosial anak. Mata pelajaran ini diarahkan untuk membina perilaku positif anak tunalaras dalam kaitannya dengan perilaku dirinya dan perilaku dalam berhubungan dengan orang lain.
4.      Layanan bagi Anak Berbakat dan Anak Berkesulitan Belajar
a.         Anak Berbakat
Layanan pendidikan bagi anak berbakat di sekolah dasar dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap penjaringan (sreening) dan tahap seleksi (identifikasi) (Sunarya kartadinata, dkk, 1998/1999). Dalam tahap penjaringan dilakukan oleh guru dengan menganalisis hasil belajar anak dan menganalisis hasil observasi komitmen anak akan tugas dan kreativitasnya. Mereka yang mempunyai kreativitas tinggi, komitmen akan tugas yang tinggi, dan prestasi belajar di atas rata-rata dipromosikan sebagai anak berbakat. Langkah selanjutnya adalah kerjasama dengan psikolog dan konselor untuk menentukan IQ dan bakat anak.
Setelah teridentifikasi keberbakatan anak, langkah selanjutnya adalah menentukan layanan pendidikan bagi mereka. Ada berbagai macam layanan pendidikan bagai anak berbakat, yaitu:
1)      Layanan akselerasi, yaitu layanan tambahan untuk mempercepat penguasaan     kompetensi dalam merealisasi bakat anak.
2)      Layanan kelas khusus, yaitu anak yang berbakat unggul dikelompokkan dalam     satu kelas dan diberikan layanan tersendiri sesuai dengan bakat mereka.
3)      Layanan kelas unggulan, sama dengan layanan kelas khusus hanya berbeda dalam model pengayaannnya.
4)      Layanan bimbingan sosial dan kepribadian

b.             Anak Berkesulitan Belajar
Pendekatan layanan pendidikan abagi anak berkesulitan belajar spesifik menurut Jerome Rosner ,1993 dalam Sunarya Kartadinata, dkk (1998/1999) ada tiga macam, yaitu:
1)      Layanan remidiasi
 Dalam layanan remidiasi ini sering digunakan beberapa teknik dalam modifikasi perilaku, di antaranya dengan pemberian penguatan, tabungan  kepingan, atau teknik lain yang sesuai dengan kebutuhan anak.
2)      Layanan kompensasi
Layanan kompensasi diberikan dengan cara menciptakan lingkungan belajar khusus di luar lingkungan belajar yang normal, sehingga memungkinkan anak memperoleh kemajuan dalam pembentukan perseptual dan bahasa.
3)      Layanan prevensi
Layanan prevensi adalah layanan yang diberikan sebelum anak mengalami ketunacakapan belajar di sekolah. Layanan ini diawali dengan melakukan identifikasi terhadap aspek-aspek yang dimungkinkan menimbulkan atau menyebabkan ketunacakapan belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar